Badlisyah, Teuku (2013) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR LARUTAN PENYANGGA PADA SISWA KELAS XI MAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142021 Judul.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. 8116142021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. 8116142021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8116142021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. 8116142021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 8116142021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8116142021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8116142021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8116142021 Daftar Istilah.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
10. 8116142021 Daftar Simbol.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
11. 8116142021 Bab I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
12. 8116142021 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. 8116142021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD terhadap sikap toleransi siswa. (2) Pengaruh penerapan M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap sikap toleransi siswa. (4) Pengaruh multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap hasil belajar siswa. (5) Interaksi antara M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD dengan multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap sikap toleransi siswa. (6) Interaksi antara M3PK dan Cooperative Learning tipe STAD dengan multimedia berbasis komputer dan media benda riil terhadap hasil belajar siswa. (7) Model pembelajaran yang paling optimal untuk meningkatkan sikap toleransi siswa. (8) Model pembelajaran yang paling optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah yang ada dalam Kota Banda Aceh semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013, dan sampel berjumlah 115 orang berasal dari 2 kelas eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh, dan 2 kelas eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banda Aceh. Kelas eksperimen 1 diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) berbasis multimedia komputer. Kelas eksperimen 1 diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) menggunakan media benda riil. Kelas eksperimen 3 diajarkan dengan Cooperative Learning Tipe STAD berbasis multimedia komputer. Kelas eksperimen 4 diajarkan dengan Cooperative Learning Tipe STAD menggunakan media benda riil. Data penelitian yang dikumpulkan dari sampel adalah data sikap toleransi siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dari instrumen tes hasil belajar berupa pilihan berganda. Telah dilakukan persyaratan data berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan Two Way Anova pada taraf signifikan 0,05 dengan menggunakan program SPSS 19.00 for Windows. Berdasarkan análisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap sikap toleransi siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari multimedia pembelajaran terhadap sikap toleransi siswa. (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (5) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan multimedia pembelajaran terhadap sikap toleransi siswa. (6) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (7) Model pembelajaran yang yang paling optimal dalam meningkatkan sikap toleransi siswa adalah model pembelajaran M3PK yang diintegrasikan dengan penggunaan media benda riil didalam proses belajar mengajar. (8) Model pembelajaran yang yang paling optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran M3PK yang diintegrasikan dengan penggunaan media benda riil didalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Bad p |
Keywords: | Pendidikan karakter; Media pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Larutan penyangga; Multimedia; Komputer |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 21:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4112 |