HIDAYA, ANDI (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DAN TIPE CONCEPT SENTENCE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN KELAS XI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163344003 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. NIM. 7163344003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
3. NIM. 7163344003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
4. NIM. 7163344003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 7163344003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
6. NIM. 7163344003 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 7163344003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 7163344003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. NIM. 7163344003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163344003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
14. NIM. 7163344003 BIBLIOGRAPHE.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dan Tipe Concept Sentence Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan yang beralamat di Jalan Platina Raya No. 7, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 98 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dimana kelas XI Ap-1 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI Ap-2 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan uji nornalitas, homogenitas, hipotesis dan uji t dengan keriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I yaitu 60,14 dan post-test 84,14 dengan standar deviasi 10,22 dan 8,19. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen II yaitu 60,00 dan posttest 83,87 dengan standar deviasi 9,70 dan 8,77. Pengujian hipotesis dengan uji t dari hasil post-test yang dilakukan pada model pembelajaran Kepala Bernomor
Struktur nilai thitung> ttabel yaitu 60,732 > 1,306 serta nilai sig < 0,05 = 0,00 < 0,05 dan padamodel pembelajaran Concept Sentence nilai thitung> ttabel yaitu 54,197 > 1,307 serta nilai sig < 0,05 = 0,00 < 0,05. Melalui kriteria pengujian hipotesis dengan uji t dapat di simpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga artinya ada
perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Kepala Bernomor Strukturdan tipe Concept Sentence.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar OTK
Kepegawaian yang diajarkan dengan model pembelajaran Tipe Kepala Bernomor Struktur lebih tinggi dibandingkan hasil belajar OTK Kepegawaian yang diajarkan dengan model pembelajaran Tipe Concept Sentence kelas XI AP SMK
Swasta Budi Agung Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur dengan Concept Sentence |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 04:20 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41090 |