Rehulina (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INQUIRY UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 1. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116173021 Judul.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. 8116173021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. 8116173021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. 8116173021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. 8116173021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. 8116173021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. 8116173021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
8. 8116173021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. 8116173021 Bab I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
10. 8116173021 Bab V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
11. 8116173021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Prosedur pengembangan LKS berbasis inquiry (2) Karakteristik LKS berbasis inquiry (3) Penilaian guru terhadap produk LKS yang dikembangkan (4) Penilaian Siswa terhadap produk LKS yang dikembangkan (5) Hasil belajar siswa yang menggunakan produk LKS. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dan menggunakan perlakuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik total sampling yaitu kelas A (kelas kontrol) yang dibelajarkan tanpa menggunakan produk LKS yang dikembangkan dan kelas B (kelas eksperimen) yang dibelajarkan dengan menggunakan produk LKS berbasis inquiry. Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukan : (1) Prosedur pengembangan produk LKS berbasis inquiry melalui tiga prosedur yaitu model pengembangan produk, prosedur pengembangan produk, dan uji coba produk (2) Karakteristik LKS berbasis inquiry penyusunannya mengacu pada standar isi 2006. Analisis dan penyajian menetapkan konsep dasar metode dengan langkah-langkah berbasis inquiry. LKS dengan pendekatan konstruktivisme, siswa aktif melakukan eksplorasi terhadap gejala-gejala biologi melalui kegiatan inquiry yang dilengkapi dengan kegiatan diskusi untuk melatih siswa agar terampil bertanya dan menanggapi pertanyaan serta evaluasi untuk mengetahui pencapaian kompetensi. (3) Rata - rata persentase penilaian guru terhadap produk LKS yang dikembangkan yaitu 87% dengan kriteria sangat baik (4) Perolehan skor rata-rata penilaian siswa terhadap produk LKS yang dikembangkan pada kelompok besar adalah 88% dengan kriteria sangat baik (5) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan LKS berbasis inquiry lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan produk LKS yang dikembangkan (69,40 :52,44) dengan perbedaan yang signifikan (t = -5,550 ; P < 0,000 ). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran LKS berbasis inquiry yang telah dikembangkan dalam upaya meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Reh p |
Keywords: | Media pembelajaran; Pembelajaran inquiry; Biologi; Lembar kerja siswa |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4100 |