Siahaan, M. Kosmas (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.
1. 8096171012 Judul.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. 8096171012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8096171012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. 8096171012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. 8096171012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
6. 8096171012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
7. 8096171012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
8. 8096171012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
9. 8096171012 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. 8096171012 Bab V.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
11. 8096171012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. (2) kemampuan berpikir kreatif matematik antara siswa yang diberi pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. (3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang diberi pembelajaran open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Cahaya Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan pemecahan masalah (2) tes kemampuan berpikir kreatif (3) angket respon siswa dengan pokok bahasan persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan respon siswa pada pembelajaran open-ended. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran open-ended dengan pembelajaran konvensional. (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang diberi pembelajaran open-ended dengan pembelajaran konvensional. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran open-ended adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran open-ended pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sia p |
Keywords: | Kreativitas; Berpikir kreatif; Pemecahan masalah; Open-ended; Pembelajaran konvensional; Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4096 |