Ammy, Putri Maisyarah (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116171015 Judul.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. 8116171015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
3. 8116171015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. 8116171015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. 8116171015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. 8116171015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. 8116171015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. 8116171015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. 8116171015 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116171015 Bab V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
11. 8116171015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan model pembelajaran langsung. (2) Perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan model pembelajaran langsung. (3) Mendeskripsikan kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write. (4) Mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dan siswa yang diberikan pembelajaran langsung.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari enam kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Instrument yang digunakan terdiri dari, (1) Tes kemampuan pemahaman konsep matematik, (2) Tes kemampuan komunikasi matematik, dan (3) Lembar observasi siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,69 dan 0,52 berturut-turut untuk kemampuan pemahaman konsep matematik dan komunikasi matematik.Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan model pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 37,457 lebih besar Ftabel adalah 4,01. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write, yaitu 27,027 lebih besar dari model pembelajaran langsung, yaitu 26,454. (2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan model pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 43,72 lebih besar Ftabel adalah 4,01. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write yaitu 9,899 lebih besar dari model pembelajaran langsung yaitu 2,271. (3) Kadar aktivitas aktif siswa telah memenuhi waktu persentase ideal yang teelah ditetapkan. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Amm p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran langsung; Model pembelajaran; Matematika; Komunikasi; Think-talk-write |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4094 |