Muzakir (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN SOFTWARE CABRI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTS TERPADU SYAMSUDDHUHA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116171013 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 8116171013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (807kB) | Preview
3. 8116171013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. 8116171013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. 8116171013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
6. 8116171013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. 8116171013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
8. 8116171013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. 8116171013 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116171013 Bab V.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
11. 8116171013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-1 MTs Terpadu Syamsuddhuha melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Software CABRI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat dan instrumen penelitian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Lembar Aktivitas Siswa. Insrumen yang dikembangkan adalah: (1) Tes Kemampuan Pemecahan Masalah, Tes Angket Motivasi Belajar Siswa, (3) Lembar Observasi Aktivitas Belajar Siswa, (4) Lembar Observasi Aktivitas Guru. Seluruh perangkat dan instrumen yang digunakan telah divalidasi dan telah diujicobakan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, hasil analisis data siklus I diperoleh gambaran sebagai berikut : (1) rerata nilai tes kemampuan pemecahan masalah 49,5 atau 35% dari 30 siswa memiliki tingkat pencapaian dengan kategori minimal “baik”, (2) rerata nilai tes angket motivasi belajar matematik 73,46% siswa memberikan pernyataan positif dan 26,54% siswa memberikan pernyataan negatif, (3) 4 dari 8 kategori aktivitas yang memenuhi persentase waktu ideal, (4) 4 dari 10 kategori kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran atau rerata 40% dengan nilai rerata 3,99 berada pada kategori “cukup baik”. Dari hasil analisis data siklus II diperoleh gambaran sebagai berikut : (1) rerata nilai tes kemampuan pemecahan masalah 64,3 atau 80% dari 30 siswa memiliki tingkat pencapaian dengan kategori minimal “baik”, (2) rerata nilai tes angket motivasi belajar matematik 91,8% siswa memberikan pernyataan positif dan 8,2% siswa memberikan pernyataan negatif, (3) 6 dari 8 kategori aktivitas yang memenuhi persentase waktu ideal (4) 8 dari 10 kategori kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran atau rerata 80% dengan nilai rerata 4,7 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan hasil pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software CABRI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematik siswa serta dapat memenuhi persentase waktu ideal bagi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah sebelum PBM menggunakan CABRI diterapkan diperkenalkan terlebih dahulu pada siswa langkah-langkah PBM dan cara menggunakan CABRI, memperhatikan siswa secara individu dalam belajar dan menggunakan kalimat yang mudah dalam membuat LAS atau intrumen tes.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 Muz p |
Keywords: | Motivasi; Matematika; Kubus; Balok; Software CABRI; Bangun ruang; Kemampuan pemecahan masalah; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4093 |