Sirait, Syahriani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA DI KOTA KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 81161710120 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 81161710120 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
3. 81161710120 Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. 81161710120 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. 81161710120 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 81161710120 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. 81161710120 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. 81161710120 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 81161710120 Bab I.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
10. 81161710120 Bab V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
11. 81161710120 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional., (3)Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa (5) Bagaimana proses penyelesaian soal-soal yang terkait dengan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik siswa pada pembelajaran kooperatif tipe GI dan pembelajaran konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di kota kisaran. Pemilihan sampel dilakukan secara acak yaitu SMA Negeri 1 Kisaran. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik dengan materi trigonometri (2) Lembar Pertanyaan. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis dan statistik parametrik. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji t dan anava 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa (5) Proses penyelesaian jawaban siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | Komunikasi matematik; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran konvensional; Group Investigation; Paedagogik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4089 |