RITONGA, MARITO (2020) PENGARUH DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA STAMBUK 2019 PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161141023 COVER .pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2. NIM. 7161141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 7161141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
4. NIM. 7161141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5. NIM. 7161141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
6. NIM. 7161141023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
7. NIM. 7161141023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
8. NIM. 7161141023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 7161141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM. 7161141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
14. NIM. 7161141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Kemampuan resiliensi akademik yang baik dibutuhkan oleh remaja dalam menghadapi masa awal di perguruan tinggi karena kemampuan ini diperkirakan dapat membantu mereka untuk bertahan dalam menghadapi tantangan ataupun hambatan khususnya di bidang akademik. Kemampuan ini sendiri tidak lepas dari faktor-faktor internal maupun eksternal, diantaranya adalah dukungan teman sebaya dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dukungan teman sebaya dan efikasi diri terhadap resiliensi akademik mahasiswa stambuk 2019 Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 110 mahasiswa dan sampel berjumlah 86 mahasiswa yang diambil dengan teknik acak sederhana. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert dengan 15 item untuk mengukur dukungan teman sebaya dan efikasi diri, serta 20 item untuk mengukur resiliensi akademik. Hasil analisis data menggunakan ANOVA dua arah disimpulkan bahwa variabel dukungan teman sebaya berpengaruh terhadap resiliensi akademik. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dari dukungan teman sebaya adalah 0,003. Jika dibandingkan dengan dengan signifikansi 0,05, maka hasilnya 0,003<0,05. Variabel efikasi diri juga berpengaruh terhadap resiliensi akademik. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi efikasi diri sebesar 0,000. Dibandikan dengan nilai signifikansi 0,05, maka 0,000<0,05. Untuk melihat pengaruh atara dukungan teman sebaya dan efikasi diri terhadap resiliensi akademik mahasiswa dapat dilihat pada stambuk 2019 Prodi Pendidikan Ekonomi UNIMED dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Jika dibandingkan sengan signfikansi 0,05, maka 0,000<0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Dukungan Teman Sebaya dan Efikasi Diri Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Stambuk 2019 Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Dukungan Teman Sebaya, Efikasi Diri, Resiliensi Akademik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 01:42 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40872 |