Siregar, Machrani Adi Putri (2013) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE. Masters thesis, UNIMED.
1. 809735012 Judul.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 809735012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 809725012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. 809725012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. 809725012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 809725012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. 809725012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 809725012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 809725012 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 809725012 Bab V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
11. 809725012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW dan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa antara siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah; (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan matematik (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa; (4) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW ditinjau dari kemampuan matematik siswa (tinggi, sedang, rendah); (5) bagaimana proses penyelesaian masalah komunikasi matematik siswa pada strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW dan strategi pembelajaran ekspositori.Penelitian ini berbentuk kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan yang memiliki rombongan belajar lebih dari 1. Secara acak, dipilih 2 kelas dengan kemampuan sama untuk menetapkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW, sedangkan kelas kontrol diberi strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan matematika siswa, tes kemampuan komunikasi matematik siswa dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,78 untuk kemampuan komunikasi matematik.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U, ANAVA Dua dan Satu Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diberi strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi strategi pembelajaran ekspositori; tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa antara siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah; tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik; dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik yang signifikan antara siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yang diberi strategi pembelajaran kooperatif tipe TTW.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir a |
Keywords: | Komunikasi matematik; Strategi pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran ekspositori; Think-talk-write |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4087 |