AMELIA, INDRIA PUTRI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7131141051 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 7131141051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 7131141051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 7131141051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 7131141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 7131141051 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7131141051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7131141051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7131141051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 7131141051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 7131141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.A 2019/2020 yang berjumlah 160 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest, postest, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analysis of varians.
Hasil analisis data dengan analysis of varians dua jalur dari Kemampuan Prosses Sains menunjukkan nilai Fhitung sebesar 149.39 sedangkan nilai Ftabel =2.49 (untuk taraf 0.05) dan 3.58 (untuk taraf 0.01) sehingga Fhitung (149.39) > Ftabel (2.49) pada taraf signifikansi 0,05. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model Inquiry Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dengan menggunakan model Konvensional teruji kebenarannya. nilai Fhitung sebesar 149.39 sedangkan nilai Ftabel =2.49 (untuk taraf 0.05) dan 3.58 (untuk taraf 0.01) sehingga Fhitung (149.39) > Ftabel (2.49) pada taraf signifikansi 0,05. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model Inquiry Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dengan menggunakan model Konvensional teruji kebenarannya. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Eksperimen) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media Kartu Berpasangan, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 05:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40865 |