Syarah, Fatmah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171024 Judul.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 8106171024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. 8106171024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 8106171024 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. 8106171024 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 8106171024 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. 8106171024 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. 8106171024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. 8106171024 Bab I.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
10. 8106171024 Bab V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
11. 8106171024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional, (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan spasial, (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (5) Bagaimana proses penyelesaian masalah siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 13 Medan tahun pelajaran 2012/ 2013. Secara acak dipilih siswa kelas VIII SMPN 13 Medan sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII-1 dan kelas VIII-2. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah : tes kemampuan spasial dan tes kemampuan komunikasi matembhnmatika dinyatakan telah memenuhi syarat validatas dan reliabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai thitung (7.67)>ttabel=2.023 artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial matematika siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional (2)nilai thitung(2.11)>ttabel= 2.023 artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan spasial, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (5) proses penyelesaian masalah siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan sbb: kepada guru, peneliti hendaknya meninjau terlebih dahulu model pembelajaran yang digunakan, materi pelajaran, media, LAS sebelum memulai pembelajaran. Pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika yang menekankan kepada kemampuan spasial dan kemampuan komunikasi siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif khususnya dalam mengajarkan materi geometri bangun ruang di kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 Sya p |
Keywords: | Geometri; Kemampuan spasial; Komunikasi matematik; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4086 |