Muriana (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA DI KECAMATAN MEDAN AREA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI (GI). Masters thesis, UNIMED.
1. 8096171014 Judul.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2. 8096171014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. 8096171014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. 8096171014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. 8096171014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. 8096171014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. 8096171014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. 8096171014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. 8096171014 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8096171014 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. 8096171014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan disposisi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. (3) Untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan tingkat kemampuan awal (KAM) siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik. (4) Untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan tingkat kemampuan awal (KAM) siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa. (5) bagaimana proses jawaban siswa.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 01 Medan dan SMA Al-Ulum Medan. Secara acak, dipilih dua kelas dari masing-masing sekolah yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematik dan skala disposisi matematik. Analisis data dilakukan dengan uji t dan anava dua jalur. Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Tidak terdapat peningkatan disposisi matematik siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kemampuan awal (KAM) siswa terhadap kemampuan komunikasi siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kemampuan awal (KAM) siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa. (5) Proses jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran grup investigasi lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mur p |
Keywords: | Disposisi matematik; Komunikasi matematik; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran biasa; Pendekatan investigasi; Grup Investigation |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4084 |