Situmorang, Adi Suarman (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP PADA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188730058 Judul.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 081188730058 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 081188730058 Abstrak.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. 081188730058 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. 081188730058 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 081188730058 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. 081188730058 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. 081188730058 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. 081188730058 Bab I.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
10. 081188730058 Bab V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
11. 081188730058 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki Peningkatan Model pencapaian konsep atas kemampuan pemahaman matematis siswa, kemampuan kreativitas matematis siswa, dan Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan pemahaman matematis dan kreativitas matematis siswa. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran model pencapaian konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan sebanyak 80 siswa yang keseluruhan sebanyak 364 siswa SMA kelas X, Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui nilai semester untuk KAM, tes kemampuan pemahaman matematis, tes kemampuan kreativitas matematis. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan pemahaman matematis kelas eksperimen adalah 34,64 dan kelas kontrol adalah 22,71 dengan nilai sig = 0, dengan 0 < α = 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan Pemahaman matematik siswa yang diajarkan dengan Model Pencapaian Konsep (MPK) dengan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, rata-rata tes kemampuan kreativitas eksperimen dan kontrol adalah 13,3 dan 7,58 dengan p-value (2-tailed) adalah 0, dengan 0 < α = 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan kreativitas matematik siswa yang diajarkan dengan Model Pencapaian Konsep (MPK) dan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, nilai signifikan sebesar 0,062, karena 0,062 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, nilai signifikan sebesar 0,444, karena 0,444 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan kreativitas matematik siswa, Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Model Pembelajaran (MPK) lebih bervariasi daripada Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan PMR dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sit p |
Keywords: | Kreativitas; Pencapaian konsep; Model pembelajaran; Pembelajaran matematika; Pemahaman matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4082 |