TANJUNG, NISA FADHILAH (2020) PENGARUH BIMBINGAN GURU DAN KURSUS BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7162141014 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 7162141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
3. NIM 7162141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
4. NIM 7162141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 7162141014 TABLE OF CONTENT (1).pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. NIM 7162141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM 7162141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7162141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 7162141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
13. NIM 7162141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM 7162141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bimbingan guru dan kursus bimbingan belajar yang rendah menyebabkan prestasi belajar siswa tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan guru dan kursus bimbingan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 14 Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 14 Medan yang mengikuti keduanya yaitu bimbingan guru dan kursus bimbingan belajar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 98 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teori Arikunto dengan jumlah sampel yaitu 98 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Uji t (parsial), uji independent t test, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan guru dan prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel (2,154 >1,985). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kursus bimbingan belajar dan prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel (2,865 > 1,985). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan bimbingan guru dan kursus bimbingan belajar dengan nilai F hitung levenge test sebesar 5.238 dengan probabilitas adalah 0,023 < 0,05 dan nilai t pada equal variences not assumsed adalah -8.734 dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05 . (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan guru dan kursus bimbingan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,965> 3,09). Hasil regresi linear berganda adalah Y = 55,441+0,102X1+0,204X2 + e. Hasil uji R2 sebesar 0,776 atau 77,6% sedangkan sisanya 22,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan guru dan kursus bimbingan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 14 Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Guru, Kursus Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 01:31 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40770 |