AMALIA, WAHIDA (2020) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176171035 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8176171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 8176171035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8176171035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 8176171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6. NIM. 8176171035 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 8176171035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 8176171035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
12. NIM. 8176171035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM. 8176171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan soal matematika PISA-LIKE pada konten Change and Relationship yang valid dan praktis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) tipe formative evaluation Tessmer yang terdiri dari dua tahap yakni; (1) tahap preliminary, dan (2) tahap formative evaluation yang meliputi self-evaluation dan prototyping. Untuk tahap prototyping terdiri dari expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-I SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo yang berjumlah 36 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan soal matematika PISA-LIKE pada konten Change and Relationship yang berkualitas dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Valid berdasarkan hasil validasi oleh para ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan dengan sedikit revisi”. Praktis berdasarkan penilaian dari ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil angket respon guru sebesar 83,33% adalah “sangat positif” terhadap soal yang telah diberikan, sedangkan respon siswa sebesar 75% adalah “positif” terhadap soal yang telah diberikan oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap soal yang dikembangkan paling banyak berada pada kategori “sedang” sebanyak 15 siswa (41,67%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Ama p |
Keywords: | Soal Matematika PISA-like; Pemecahan Masalah Matematis; Formative Evaluation; Change and Relationship |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:54 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40753 |