PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

AMALIA, WAHIDA (2020) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176171035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176171035 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176171035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176171035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176171035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176171035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176171035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176171035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176171035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176171035 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176171035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176171035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176171035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176171035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176171035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176171035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176171035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan soal matematika PISA-LIKE pada konten Change and Relationship yang valid dan praktis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) tipe formative evaluation Tessmer yang terdiri dari dua tahap yakni; (1) tahap preliminary, dan (2) tahap formative evaluation yang meliputi self-evaluation dan prototyping. Untuk tahap prototyping terdiri dari expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-I SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo yang berjumlah 36 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan soal matematika PISA-LIKE pada konten Change and Relationship yang berkualitas dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Valid berdasarkan hasil validasi oleh para ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan dengan sedikit revisi”. Praktis berdasarkan penilaian dari ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil angket respon guru sebesar 83,33% adalah “sangat positif” terhadap soal yang telah diberikan, sedangkan respon siswa sebesar 75% adalah “positif” terhadap soal yang telah diberikan oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap soal yang dikembangkan paling banyak berada pada kategori “sedang” sebanyak 15 siswa (41,67%).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.072 Ama p
Keywords: Soal Matematika PISA-like; Pemecahan Masalah Matematis; Formative Evaluation; Change and Relationship
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:54
Last Modified: 13 Nov 2020 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40753

Actions (login required)

View Item
View Item