Simbolon, Dedi Holden (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKSPERIMEN RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA METHODIST 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116176004 Judul.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. 8116176004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8116176004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. 8116176004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. 8116176004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 8116176004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 8116176004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. 8116176004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8116176004 Bab I.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
10. 8116176004 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
11. 8116176004 Lampiran.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual dengan model pembelajaran Direct Instrusction (DI) (2) Perbedaan antara hasil belajar fisika siswa pada kelompok yang mempunyai aktivitas rendah dan aktivitas tinggi (3) interaksi tingkat aktivitas siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual dengan model pembelajaran Direct Instrusction (DI) terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI-IPA SMA Methodist 1 Medan tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 76 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan observasi tingkat aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan.Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara gain hasil belajar atau peningkatan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara gain hasil belajar atau peningkatan hasil belajar fisika siswa yang memiliki aktivitas tinggi dan aktivitas rendah (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan tingkat aktivitas terhadap gain hasil belajar atau peningkatan hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sim e |
Keywords: | Eksperimen riil; Laboratorium virtual; Direct instruction; Inkuiri terbimbing; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4075 |