HALIM, ABDUL (2020) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA SISWA KELAS VIII MTS SWASTA ATTAUFIQURRAHMAN LABUAHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172001 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 8156172001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 8156172001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 8156172001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8156172001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM. 8156172001 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM. 8156172001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8156172001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8156172001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
13. NIM. 8156172001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 8156172001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Swasta Attaufiqurrahman Labuhanbatu Utara. Kemudian secara acak dipilih dua kelas, kelas VIII-1 (25 siswa) dan kelas VIII-2 (25 siswa). Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas, serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. (2) Terdapat pengaruh pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Hal p |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik; Kemampua Berpikir Kreatif Matematis; Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:52 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40746 |