PULUNGAN, NURUL HIDAYAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8176176014 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM.8176176014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
3. NIM.8176176014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
4. NIM.8176176014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM.8176176014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM.8176176014 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM.8176176014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 8176176014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM.8176176014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
13. NIM.8176176014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM.8176176014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional, dan menganalisis hubungan antara keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model scientific inquiry. Penelitian ini dilakukan di MAN Simalungun T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang dilaksanakan menggunakan two group pretes-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu: instrumen tes keterampilan proses sains sebanyak 8 butir soal dalam bentuk esai dan instrumen kemampuan berpikir kritis sebanyak 7 butir soal dalam bentuk esai yang telah divalidasi oleh ahli. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS 22, uji t dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan terdapat hubungan antara keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model scientific inquiry.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Pul p |
Keywords: | Scientific Inquiry; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:48 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40740 |