Tampubolon, Roy Gun Edwin (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS EKSPERIMEN DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116176015 Judul.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
2. 8116176015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
3. 8116176015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. 8116176015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
5. 8116176015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
6. 8116176015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. 8116176015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
8. 8116176015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
9. 8116176015 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116176015 Bab V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
11. 8116176015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis eksperimen dan model pembelajaran Direct Instruction, perbedaan hasil belajar antara kelompok sikap ilmiah tinggi dan kelompok sikap ilmiah rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis eksperimen dan model pembelajaran langsung dan interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis eksperimen dan model pembelajaran Direct Instruction dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah siswa/i kelas XI IPA tahun pembelajaran 2012/2103 yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random class yang terdiri dari 2 kelas. Kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kela XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dan lembar observasi sikap ilmiah. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan ANAVA 2 x 2 dengan software SPSS 17 dan dilanjutkan dengan uji Scheefe.Hasil penelitian menyimpulkan : 1. Ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis eksperimen dan model pembelajaran Direct Instruction dengan (pvalue = 0,013), sehingga hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Direct Instruction, 2. Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok sikap ilmiah tinggi dan kelompok sikap ilmiah rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis eksperimen dan model pembelajaran langsung (pvalue = 0,000) sehingga hasil belajar kelompok sikap ilmiah tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Direct Instruction, 3. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis eksperimen dan model pembelajaran Direct Instruction dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa (pvalue = 0,000).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Tam e |
Keywords: | Fisika; Pembelajaran kooperatif; Sikap ilmiah; Metode eksperimen; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4073 |