KARO KARO, ROMAIDA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN KEMAMPAUN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182043_COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. NIM. 8176182043_LEMBARAN PENGESAHAN+PERSETUJUAN+PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM. 8176182043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 8176182043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 8176182043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 8176182043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM. 8176182043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 8176182043_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM. 8176182043_BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 8176182043_BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM. 8176182043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, dan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Medan Johor. Sampel penelitian ditentukan secara cluster random sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan satu kelas kontrol dibelajarkan secara konvensional. Sampel yang akan diteliti berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah. Data yang dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalur dengan menggunakan uji statistik dengan desain ANAVA faktorial 2x2 dengan taraf signifikansi > 0,05. Penelitian ini dilanjutkan dengan uji lanjut uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa serta siswa yang memiliki kemampuan berpikir berpikir kritis tinggi yang memperoleh hasil belajar lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Kar p |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD, BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 09:49 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40701 |