SIPAYUNG, LISA MURPHYANITA (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK SWASTA ROKITA SARI 2 BANGUN PURBA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7151142019 COVER.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
2. NIM 7151142019 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. NIM 7151142019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
4. NIM 7151142019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
5. NIM 7151142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 7151142019 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 7151142019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 7151142019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 7151142019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
13. NIM 7151142019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM 7151142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Rokita Sari 2 Bangun Purba Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Rokita Sari 2 Bangun Purba Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari angket motivasi belajar siswa, data yang diperoleh terhadap motivasi belajar siswa pada siklus I terdapat 4 orang siswa (11.11%) yang termasuk dalam kriteria motivasi tinggi. Pada siklus II siswa yang termasuk kriteria motivasi tinggi meningkat menjadi 26 orang siswa (72,22%). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 55,36 dengan siswa yang tuntas 5 siswa (13,88%) dan post test dengan nilai rata-rata yaitu 68 dengan siswa tuntas 15 siswa (41,66%) dan meningkat di hasil post test siklus II dengan nilai rata-rata 77,22 dengan siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa (86,11%). Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Akuntansi Piutang di Kelas XI AK SMK Swasta Rokita Sari 2 Bangun Purba Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 02:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40648 |