PUTRI ASWATI, EKA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF DAN HASIL BELAJAR AKUTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7151142013 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 7151142013 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
3. NIM 7151142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
4. NIM 7151142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM 7151142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 7151142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 7151142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
8. NIM 7151142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 7151142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
13. NIM 7151142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM 7151142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya interaksi edukatif dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran Firing Line terhadap interaksi edukatif dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai yang beralamat di Jalan Samanhudi No. 20, Satria, Kecamatan Binjai Kota. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi, yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Firing Line untuk meningkatkan interaksi edukatif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan lembar observasi interaksi edukatif dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Dari lembar observasi interaksi edukatif siswa diperoleh hasil interaksi edukatif belajar siswa pada siklus I terdapat 15 siswa (42,85%) yang termaksud dalam kriteria baik. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria baik meningkat menjadi 30 siswa (85,71%) telah mencapai kriteria ketuntasan Interaksi edukatif secara klasikal yaitu ≥51% dengan mencapai 80% siswa. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 62,71 dengan siswa yang tuntas 8 siswa (22,85%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 74,14 dengan siswa tuntas 20 siswa (57,14%) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 85,14 dengan siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa (88,57%) telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu ≥80% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ≥70.
Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Firing Line pada materi Dana Kas Kecil dapat meningkatkan interaksi edukatif dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Interaksi Edukatif, Hasil Belajar, dan Penerapan Model Pembelajaran Firing Line |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 02:25 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40647 |