NASUTION, WIRDHA ANNISA (2020) EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2016 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163144032 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7163144032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 7163144032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
4. NIM. 7163144032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM. 7163144032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. NIM. 7163144032 TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM. 7163144032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 7163144032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
9. NIM. 7163144032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (747kB) | Preview
13. NIM. 7163144032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
14. NIM. 7163144032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan model pembelajaran Project Based Learning terhadap Prestasi Belajar mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/I Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2016 dengan jumlah sampel 81 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket, dan dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 25 item untuk angket Project Based Learning dan 20 item untuk CIPP. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut di uji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Uji asumsik klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, dan linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, uji hipotesis secara parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji-f) dan uji determinasi (R2).
Dari hasil analisis data dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 77,907 + 0,096 X selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,47 yang berarti sebesar 47% variabel Project Based Learning (X) memberikan sumbangan hubungan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Variabel X dengan perhitungan data diperoleh thitung>ttabel = (2,226>1,99). Variabel model pembelajaran Project Based Learning setelah dilakukan moderasi dengan CIPP terjadi peningkatan yang terlihat pada thitung sebesar (2,22<2,45). Sedangkan uji-F diperoleh bahwa secara simultan variabel X berpengaruh positif dan signifikan dengan menggunakan CIPP terhadap prestasi belajar dengan nilai dari Fhitung>Ftabel (4,95>3,96). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki hubungan terhadap prestasi mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning, CIPP dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5520 Office equipment and supplies |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 02:38 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40612 |