Siregar, Antalilis (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN HUMANISTIK, SIKAP TRANSENDEN, DAN KOMPETENSI MENGELOLA KEBERAGAMAN TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132025 Judul.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. 8106132025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. 8106132025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. 8106132025 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. 8106132025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8106132025 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. 8106132025 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. 8106132025 Bab I.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
9. 8106132025 Bab V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
10. 8106132025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan humanistik terhadap sikap transenden; (2) pengaruh kepemimpinan humanistik terhadap kompetensi mengelola keberagaman; (3) pengaruh kepemimpinan humanistik terhadap kepuasan kerja guru; (4) pengaruh sikap transenden terhadap kepuasan kerja guru; dan (5) pengaruh kompetensi mengelola keberagaman terhadap kepuasan kerja guru. Subjek penelitian adalah guru Sub Rayon SMA Negeri 1 Sunggal dengan jumlah sampel sebanyak 56 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate stratified random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada penelitian. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket kepemimpinan humanistik yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,902. Instrumen angket sikap transenden yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,887. Instrumen angket kompetensi mengelola keberagaman yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,901. Instrumen angket kepuasan kerja guru yang valid diperoleh 24 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,897. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh yang berarti antara kepemimpinan humanistik dengan sikap transenden sebesar 0,339; (2) terdapat pengaruh yang berarti antara kepemimpinan humanistik dengan kompetensi mengelola keberagaman sebesar 0,279; (3) terdapat pengaruh yang berarti antara kepemimpinan humanistik dengan kepuasan kerja guru sebesar 0,185; (4) terdapat pengaruh yang berarti antara sikap transenden dengan kepuasan kerja guru sebesar 0,340; dan (5) terdapat pengaruh yang berarti antara kompetensi mengelola keberagaman terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,252. Hasil penelitian diperoleh kepemimpinan humanistik, sikap transenden, dan kompetensi mengelola keberagaman terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,312 dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sir p |
Keywords: | Kepemimpinan humanistik; Sikap transenden; Kepuasan kerja; Kompetensi; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4060 |