LIDIA, LAVENIA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 13 MEDAN TP.2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. Nim 7153142014 cover.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 7153142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
3. Nim. 7153142014 Preface.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4. Nim 7153142014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. Nim. 7153142014 Table Of Content.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. Nim 7153142014 TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. Nim. 7153142014 Ilustration.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. Nim. 7153142014 Appendices.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. Nim. 7153142014 Chapter I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
10. Nim. 7153142014 Chapter II.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
11. Nim. 7153142014 Chapter III.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
12. Nim. 7153142014 Chapter IV.pdf - Published Version
Download (894kB) | Preview
13. Nim. 7153142014 Chapter V.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
14. Nim. 7153142014 Bibliography.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
16. Nim 7153142014 Enclosure.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMKN 13 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMKN 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dengan Pendekatan Saintifik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 13 Medan yang beralamat Jl.Seruwai No.257 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis serta data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 15 siswa (42,85%) yang tergolong aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa (85,71%). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 42,86%, dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 80% dari jumlah siswa yang memperoleh skor ≥23. Untuk hasil belajar siswa pada pre-test, terdapat 12 siswa (34,28%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 59,28. Pada Post-test I terdapat 19 (54,28%) orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 66,57. Kemudian post-test II pada siklus II terdapat 31 (88,57%) orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,42. Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 34,29%, dan telah memenuhi KKM yaitu 80% dari jumlah siswa yang memperoleh ≥70.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan modle pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMKN 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 Materi Pelajaran Piutang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Pair Check, Pendekatan Saintifik, Aktivitas dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 02:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40593 |