Tarigan, Cali Susma Berina (2013) HUBUNGAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK DAN SIKAP BERKOMUNIKASI DENGAN KINERJA PENGAWAS DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188130084 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 081188130084 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
3. 081188130084 Abstrak.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. 081188130084 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. 081188130084 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 081188130084 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 081188130084 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 081188130084 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 081188130084 Bab I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
10. 081188130084 Bab V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
11. 081188130084 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) hubungan antara kompetensi supervisi akademik dengan kinerja pengawas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, (2) hubungan antara sikap berkomunikasi dengan kinerja pengawas pendidikan Kabupaten Deli Serdang, dan (3) hubungan antara kompetensi supervisi akademik dan sikap berkomunikasi secara bersama-sama dengan kinerja pengawas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang.Populasi penelitian adalah seluruh pengawas di Pendidikan Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah populasi 67 orang. Sampel penelitian berjumlah 59 dengan mengacu kepada Surakhmad. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, homogenitas dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi sederhana dan korelasi dan regresi ganda pada taraf signifikansi  = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan terdapat: (1) hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi supervisi akademik dengan kinerja pengawas dengan angka korelasi sebesar 0,417 dan koefisien determinannya sebesar 0,173 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 75,74 + 0,78X1 (2) hubungan yang positif dan signifikan antara sikap berkomunikasi dengan kinerja guru dengan angka korelasi sebesar 0,421 dan koefisien determinannya sebesar 0,177 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 40,05 + 0,51X2 (3) hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan supervisi dan sikap berkomunikasi secara bersama-sama dengan kinerja pengawas dengan angka korelasi sebesar 0,560 dan koefisien determinannya sebesar 0,313 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 84,57 + 0,67X1 + 0,72X2. Di samping itu juga ditemukan sumbangan relatif dari variabel pengetahuan supervisi terhadap kinerja pengawas sebesar 37,4% dan sumbangan relatif dari variabel sikap berkomunikasi terhadap kinerja pengawas sebesar 62,6%. Sumbangan efektif dari variabel pengetahuan supervisi terhadap kinerja pengawas sebesar 14,9% dan sumbangan efektif dari variabel sikap berkomunikasi terhadap kinerja pengawas sebesar 25,1%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Tar h |
Keywords: | Supervisi akademik; Sikap berkomunikasi; Kompetensi; Pengawas; Kinerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4059 |