Malau, Hertaty Novita (2012) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN PENGELOLAAN STRES TERHADAP KOMITMEN GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI KECAMATAN SUMBUL. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106131004 Judul.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. 8106131004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106131004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. 8106131004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. 8106131004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. 8106131004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. 8106131004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. 8106131004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. 8106131004 Bab I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
10. 8106131004 Bab V.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
11. 8106131004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh budaya sekolah terhadap pengelolaan stres, (2) pengaruh budaya sekolah terhadap komitmen guru, (3) pengaruh pengelolaan stress terhadap komitmen guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menempatkan variabel penelitian yaitu variabel endogenus dan eksogenus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri Kecamatan Sumbul yang berjumlah 133 guru. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan table Kreijie sehingga didapatkan sampel sebanyak 96 guru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket.Sebelum instrument (angket) penelitian digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba yang dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menghitung uji validitas angket digunakan rumus product moment dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Item angket yang valid untuk variabel budaya sekolah adalah 32 item dan invalid 3 item, item angket yang valid untuk variabel pengelolaan stress adalah 32 item dan invalid 3 item, item dan angket yang valid untuk variabel komitmen guru adalah 31 item dan invalid 4 item. Koefisien reliabilitas untuk instrument komitmen guru budaya sekolah = 0,872, pengelolaan stres = 0,891, dan komitmen guru = 0,875 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji persyaratan analisis adalah uji normalitas, hogenitas, linieritas, dan keberartian regresi, kemudian dilakukan analisa data dengan teknik path anlisys.Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung budaya sekolah terhadap pengelolaan stress dengan koefisien korelasi r21 = 0,634 dengan sumbangan pengaruh langsung sebesar 40,2%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung budaya sekolah terhadap komitmen guru dengan koefisien korelasi r31 = 0,352 dengan sumbangan pengaruh langsung sebesar 12,4%, dan sumbangan pengaruh tidak langsung sebesar 6,7%, dan sumbangan pengaruh total = 19,1%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung pengelolaan stress terhadap komitmen guru dengan koefisien korelasi r32 = 0,302 dengan sumbangan pengaruh langsung sebesar 9,1%.Semakin tinggi pengaruh budaya sekolah dan pengelolaan stres, maka semakin tinggi pula dalam mempengaruhi komitmen guru SMP Negeri Kecamatan Sumbul. Dengan demikian, untuk mengoptimalkan komitmen guru perlu peningkatan budaya sekolah yang sehat dan pengelolaan stres.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Mal p |
Keywords: | Budaya sekolah; Pengelolaan stres; Komitmen; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4056 |