Pandiangan, Pirnauli (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111072 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 4151111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 4151111072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 4151111072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 4151111072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. NIM. 4151111072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 4151111072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 4151111072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM. 4151111072 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM. 4151111072 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
14. NIM. 4151111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal, (2) Mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis
siswa setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Sunggal T.A 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis
siswa dengan menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. (1) Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 57,94 dengan 37,5% dari jumlah siswa yang
memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang kemudian nilai rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 81,12 dengan 87,5% dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang.
(2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis sudah baik. Hal ini dilihat dari siswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan algoritma yang tepat serta berkurangnya kesalahan
siswa dalam berhitung. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 04:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40537 |