PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGGAL

Pandiangan, Pirnauli (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151111072 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151111072 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151111072 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151111072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151111072 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151111072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151111072 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151111072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151111072 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151111072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151111072 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151111072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151111072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151111072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151111072 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151111072 BAB I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151111072 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151111072 BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal, (2) Mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis
siswa setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Sunggal T.A 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis
siswa dengan menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. (1) Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 57,94 dengan 37,5% dari jumlah siswa yang
memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang kemudian nilai rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 81,12 dengan 87,5% dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang.
(2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis sudah baik. Hal ini dilihat dari siswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan algoritma yang tepat serta berkurangnya kesalahan
siswa dalam berhitung. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:21
Last Modified: 23 Sep 2020 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40537

Actions (login required)

View Item
View Item