PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG

Hayati, Rahmah Itsna (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153111053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153111053 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153111053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153111053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153111053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153111053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153111053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153111053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153111053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153111053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153111053 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153111053 TABLES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153111053 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153111053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153111053 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153111053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153111053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153111053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153111053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153111053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153111053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153111053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung, (2) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-5 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung, berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan representasi matematis siswa. Tes dilakukan sebanyak tiga kali yaitu tes awal, tes kemampuan representasi matematis I, dan tes kemampuan representasi matematis II. Hasil atau temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, yaitu terjadinya peningkatan jumlah siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis minimal pada kriteria sedang (ketuntasan klasikal ≥ 85%) dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari tiap siklus. Nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 19,75 dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 35,56%. Nilai rata-rata representasi matematis tiap indikator meningkat yaitu indikator representasi visual sebesar 37,22 , persamaan/ ekspresi matematis sebesar 1,86 dan representasi verbal sebesar 20,19. (2) Sebelum diberi tindakan, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 6 siswa (13,33%) dan 39 siswa (86,67%) belum mencapai ketuntasan belajar. (3) Setelah diberikan tindakan pada siklus I, diperoleh jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa (51,11%) dan 22 siswa (48,89%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. (4) Pada siklus II, diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 39 siswa (86,67%) dan 6 siswa (13,33%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 35,56%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran; Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:41
Last Modified: 17 Sep 2020 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40448

Actions (login required)

View Item
View Item