Puspitasari, Peggy (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 PANCUR BATU T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111071 Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4151111071 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
3. NIM. 4151111071 Abstrak.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4151111071 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 4151111071 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 4151111071 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
7. NIM. 4151111071 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. NIM. 4151111071 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 4151111071 BAB I.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
13. NIM. 4151111071 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 4151111071 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 2 Pancur Batu T.A 2019/2020 dengan menerapkan pendekatan Open-ended. (2) Untuk mengetahui proses jawaban siswa terkait tes kemampuan berpikir kreatif matematis dengan menerapkan pendekatan Open-ended pada siswa di SMP Negeri 2 Pancur Batu T.A 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan Open Ended dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Pancur Batu yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, tes kemampuan berpikir kreatif matematis I dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis II. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan : (1) kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diberi tindakan yaitu siswa yang telah mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 3 siswa (9,375%) dan 29 siswa (90,625%) belum mencapai ketuntasan klasikal. (2) setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh siswa yang telah mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 17 siswa (53,125%) dan 15 siswa (46,875%) belum mencapai tingkat ketuntasan klasikal. (3) pada siklus II diperoleh jumlah siswa yang mecapai ketuntasan klasikal sebanyak 28 siswa (87,5%) dan 4 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan klasikal, sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 34,375%. (4) proses penyelesaian jawaban sudah dalam kategori baik dalam menjawab soal tes kemampuan berpikir kreatif yang memiliki indikator kelancaran, keluwesan, elaborasi, dan original. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 2 Pancur Batu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi; Pendekatan; Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 07:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40447 |