Sipahutar, Meike Mandaria (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4152111026 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2 NIM. 4152111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3 NIM. 4152111026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4 NIM. 4152111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5 NIM. 4152111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
6 NIM. 4152111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7 NIM. 4152111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8 NIM. 4152111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9 NIM. 4152111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
10 NIM. 4152111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
14 NIM. 4152111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
15 NIM. 4152111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 2 Rantau Utara T.A 2019/2020 yang berjumlah 36 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi relasi dan fungsi. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA-1 masih rendah, terlihat dari 36 siswa hanya terdapat 8 atau 22,22% siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan komunikasi matemati. Setelah dilakukan tes kemampuan komunikasi matematis I (siklus I) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan komunikasi matematis naik menjadi 63,89% (23 siswa) dan pada tes kemampuan komunikasi matematis II (siklus II) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan komunikasi matematis menjadi 88,89% (32 siswa). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 2 Rantau Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kooperatif; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 07:00 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40445 |