Hilmi, Irfan (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153111031 JUDUL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4153111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 4153111031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM. 4153111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 4153111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 4153111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 4153111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 4153111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 4153111031 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 4153111031 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 4153111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas XII SMA Negeri
1 Tanjung Morawa (2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Morawa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII MIA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A. 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian adalah penerapan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A. 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa sangat kurang dengan nilai rata-rata kelas 30 dan hanya satu siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa adalah cukup yaitu dengan nilai 61,94 dan terdapat sepuluh siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas yaitu 86,39 dengan 26 orang atau 86,66% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Nilai n-gain juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 0,42 dalam kategori sedang sedangkan pada siklus II 0,70 dalam kategori tinggi. Indikator dengan pencapaian tertinggi yaitu menganalisis dengan nilai 96,67 kategori sangat tinggi, diikuti oleh kemampuan mengevaluasi dengan nilai 85 kategori tinggi, dan kemampuan mencipta dengan nilai 79,16 kategori tinggi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40441 |