Nasution, Rani Sukma (2020) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141121054 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4141121054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM 4141121054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4. NIM 4141121054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 4141121054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM 4141121054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. NIM 4141121054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM 4141121054 BAB I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13. NIM 4141121054 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 4141121054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Group Investigation terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA PAB 8 SAENTIS Medan T.P 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pmbelajaran Group Investigation dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. untuk kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen keterampilan proses sains sebanyak 10 soal essay yang telah dinyatakan valid dengan validator dosen Fisika dan reliable berdasarkan Combrach’s Alpha. Hasil keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 82,78 serta simpangan baku 8,23 dan hasil keterampilan pross sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 70,86 serta simpangan baku 8,09. Hasil Uji hipotesis menunjukkan thitung = 6,153 > ttabel = 2,024, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran Group Investigation memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-FIS-021 |
Keywords: | Group Investigation; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 03:59 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40440 |