Lumban Tobing, Elisa Mayestica (2020) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153311008 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4153311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
3. NIM. 4153311008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4. NIM. 4153311008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
5. NIM. 4153311008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 4153311008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 4153311008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 4153311008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
9. NIM. 4153311008 BAB I.pdf - Published Version
Download (937kB) | Preview
10. NIM. 4153311008 BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 4153311008 BAB III.pdf - Published Version
Download (888kB) | Preview
12. NIM. 4153311008 BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4153311008 BAB V.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM. 4153311008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
15. NIM. 4153311008 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas XI-Mia2 SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020 dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 Pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru dan siswa maka diperoleh aktivitas awal siswa dalam kategori kurang aktif, setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 66,43 % dalam kategori cukup aktif. Pada analisis data siklus II dengan menggunakan model pembelajaran yang sama diperoleh rata-rata aktivitas siswa 74,92 % pada kategori aktif dan telah memenuhi kriteria aktivitas belajar siswa yaitu ≥70 %.
Demikian juga dengan hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan terlebih dahulu diberikan tes awal serta tes hasil belajar pada setiap siklus. Dan hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal 18,18 % dengan banyak siswa yang tuntas 6 orang, setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siklus I diperoleh analisis data dari tes hasil belajar I bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 63,63 % dengan banyak siswa yang tuntas 21 orang. Pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu sebanyak 29 orang siswa telah memiliki ketuntasan pada kategori tinggi dengan rata-rata ketuntasan belajar 87,87 % dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu≥85%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI-Mia2 SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | PTK; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 03:36 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40438 |