UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Lumban Tobing, Elisa Mayestica (2020) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153311008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153311008 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153311008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153311008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153311008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153311008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153311008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153311008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153311008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153311008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153311008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153311008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153311008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153311008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153311008 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153311008 BAB I.pdf - Published Version

Download (937kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4153311008 BAB II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4153311008 BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 4153311008 BAB III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4153311008 BAB III.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4153311008 BAB IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4153311008 BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153311008 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153311008 BAB V.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153311008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153311008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4153311008 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4153311008 LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas XI-Mia2 SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020 dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 Pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru dan siswa maka diperoleh aktivitas awal siswa dalam kategori kurang aktif, setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 66,43 % dalam kategori cukup aktif. Pada analisis data siklus II dengan menggunakan model pembelajaran yang sama diperoleh rata-rata aktivitas siswa 74,92 % pada kategori aktif dan telah memenuhi kriteria aktivitas belajar siswa yaitu ≥70 %.
Demikian juga dengan hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan terlebih dahulu diberikan tes awal serta tes hasil belajar pada setiap siklus. Dan hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal 18,18 % dengan banyak siswa yang tuntas 6 orang, setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siklus I diperoleh analisis data dari tes hasil belajar I bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 63,63 % dengan banyak siswa yang tuntas 21 orang. Pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu sebanyak 29 orang siswa telah memiliki ketuntasan pada kategori tinggi dengan rata-rata ketuntasan belajar 87,87 % dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu≥85%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI-Mia2 SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: PTK; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:36
Last Modified: 30 Sep 2021 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40438

Actions (login required)

View Item
View Item