Annisa (2019) UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU SCAFFOLDING KELAS VII SMP SWASTA AL-ULUM MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111004 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4151111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 4151111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4151111004 PREFACE .pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 4151111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 4151111004 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4151111004 DAFTAR TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 4151111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM. 4151111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
10. NIM. 4151111004 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (786kB) | Preview
11. NIM. 4151111004 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
12. NIM. 4151111004 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4151111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4151111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
15. NIM. 4151111004 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi penerapan model pembelajaran problem based lerning berbantu scaffolding untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based lerning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMP Swasta Al-Ulum Medan yang berjumlah 32 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based lerning berbantu scaffolding untuk meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi Operasi Aljabar tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan persentase banyak siswa yang diperoleh nilai minimal 70 adala 40,62% sedangkan indikator keberhasilan yang ingin dicapai adalah terdapat 80% siswa yang memiliki nila minimal 70. Pada siklus II kemampuan penalaran matematis siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 87,5% siswa sudah mencapai nilai minimal 70. Karena semua indikator sudah terpenuhi maka kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantu scaffolding dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penalaran; Matematis; PBL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 01:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40435 |