Andriani, Dea Citra (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 BILAH HULU T.P.2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151121011 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4151121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM 4151121011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM 4151121011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM 4151121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 4151121011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4151121011 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4151121011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4151121011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM 4151121011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 4151121011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada materi pokok fluida dinamis kelas XI Semester Ganjil Sma Negeri 1 Bilah Hulu T.P 2019/2020. Ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Bilah Hulu yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 175 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas XI-Mia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-Mia 3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa adalah tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk essai dengan jumlah 5 soal. Dari hasil penelitian pada pengujian normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Posing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (2,04 >1,669) maka H diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Bilah Hulu T.P 2019/2020. Hasil uji peningkatan kemampuan berpikir kritis diperoleh N-Gain keseluruhan dengan kategori peningkatan sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-FIS-024 |
Keywords: | model pembelajaran; problem solving; fluida; SMA; berfikir kritis; siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 09:18 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40432 |