Panjaitan, Anna Maria (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153111006 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM.4153111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 4153111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4153111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4153111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4153111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7. NIM.4153111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
8. NIM.4153111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM.4153111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (759kB) | Preview
13. NIM.4153111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM.4153111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model discovery learning berbantuan autograph di kelas VIII-F SMP Negeri 3 Medan tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas VIII-F SMP Negeri 3 Medan dan objek penelitian ini adalah penerapan model discovery learning berbantuan autograph. Penelitian ini dibagi dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan dan 1 kali tes pada akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar saat menerapkan model discovery learning dan tes digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan observasi diperoleh peningkatan aktivitas siswa dalam hal berdiskusi, mengajukan pertanyaan serta mengemukakan pendapat. Persentase ketuntasan mengalami peningkatan, dimana pada siklus I sebesar 14,81% dengan rata-rata 56,39 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dengan rata-rata 74,96 dan telah memenuhi ketuntasan minimal yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model discovery learning pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII-F SMP Negeri 3 Medan dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model; Discovery Learning; Penalaran; Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 07:13 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40430 |