Siregar, Widia Arta (2019) KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.4152131018 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2.NIM. 4152131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3.NIM. 4152131018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4.NIM. 4152131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5.NIM. 4152131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
9.NIM. 4152131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13.NIM. 4152131018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14.NIM. 4152131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Medan yang terdiri dari2 kelas. Sampel penelitian adalah satu kelas yang diambil dengan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas sebesar 0,817 untuk data hasil belajar kimia. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar kimia dengan nilai korelasi sebesar 0,621 (korelasi tinggi) dan kontribusi keterampilan proses sains sebesar 38,56%. Selain itu terdapat juga hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kimia siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,5 (korelasi cukup) dan kontribusi keterampilan metakognitif sebesar 25%. Dan terdapat juga hubungan yang linear dan signifikan antara keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kimia siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,809 (korelasi tinggi) dan kontribusi sebesar 65,44%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 036 |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Keterampilan metakognitif; Hasil belajar; Titrasi asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 07:39 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40427 |