Nanda, Tria (2019) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4152131017 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM. 4152131017 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3 NIM. 4152131017 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4 NIM. 4152131017 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5 NIM. 4152131017 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9 NIM. 4152131017 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
13 NIM. 4152131017 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14 NIM. 4152131017 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Tujuan Pendidikan menurut UU RI No.20 Tahun 2003 mengamanahkan agar pendidikan tidak hanya memberi kesempatan untuk membentuk insan yang cerdas semata namun juga berakhlak mulia. Salah satu sarana yang sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah bahan ajar. Para pendidik dapat mengintegrasikan nilai-nilai spiritual didalam bahan ajar, sehingga peserta didik tidak hanya mampu memahami konsep materi dengan benar namun juga berakhlak mulia. Integrasi nilai-nilai spiritual sangat tepat dilakukan pada mata pelajaran kimia, karena kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada mata pelajaran kimia belum memanfaatkan bahan ajar kimia dengan potensi nilai-nilai spiritual didalamnya yang ada kaitannya dengan materi dan guru kurang mampu untuk mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual dan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan Kelarutan dan hasil kali kelarutan (2) perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual (3) hubungan sikap spiritual dengan peningkatan hasil belajar siswa (4) pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa (5) pengaruh kemampuan awal terhadap sikap spiritual siswa (6) interaksi antara jenis bahan ajar dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Al- Wasliyah 22 Tembung Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Dengan kelas MIA A dan MIA B. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan Uji Independent T-Test, Uji Paired Sample T-Test, Uji Correlation, dan Uji Anova Two Ways. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual dan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan Kelarutan dan hasil kali kelarutan (2) terdapat perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual (3) terdapat hubungan sikap spiritual dengan peningkatan hasil belajar siswa (4) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa (5) tidak terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap sikap spiritual siswa (6) tidak terdapat interaksi antara jenis bahan ajar dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 033 |
Keywords: | Hasil belajar; Kemampuan awal; Bahan ajar; Nilai spiritual; Think pair share; Pembelajaran kooperatif; Kelarutan; Hasil kali keluratan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 02:28 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40425 |