Sihite, There Vanny Yolentha (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENGURANGI PERSENTASE MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153131037 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM 4153131037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 4153131037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM. 4153131037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 4153131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
9. NIM. 4153131037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
13. NIM. 4153131037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM. 4153131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran kooperatif tipe STAD pada penelitian ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengubah miskonsepsi yang ada pada siswa menjadi konsep yang seutuhnya atau sebenarnya. Analisis miskonsepsi ini sangat diperlukan untuk memperbaiki miskonsepsi siswa menjadi konsep yang utuh. Siswa tidak mungkin dapat mempelajari konsep selanjutnya jika konsep awalnya sudah salah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 8 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian adalah satu kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes diagnostik pilihan berganda tiga tingkat (three-tier test) hidrolisis garam yang telah diuji kevalidannya oleh validator ahli. Berdasarkan hasil tes, pemahaman sampel dikelompokkan menjadi 4 kelompok yaitu, Tahu Konsep (TK), Tidak Tahu Konsep (TTK), Menebak (MB) dan Miskonsepsi (MK). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) Pada konsep jenis hidrolisis garam siswa mengalami miskonsepsi sebesar 50,99% setelah pre-test; 26,05% setelah post-test, (2) Pada konsep sifat asam basa dari garam hidrolisis siswa mengalami misknsepsi sebesar 59,44% setelah pre-test, 38% setelah post-test, (3) Pada konsep pH hidrolisis garam siswa mengalami miskonsepsi sebesar 62,22% setelah pre-test, 38% setelah post-test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 089 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Miskonsepsi; Three-tier multiple choice; Hidrolisis garam; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 01:57 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40424 |