Gultom, Rafael (2019) PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA SESUAI KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4153131026 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM.4153131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3. NIM.4153131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM.4153131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM.4153131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
9. NIM.4153131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM.4153131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM.4153131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik dan dianjurkan kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis proyek. Akan tetapi model pembelajaran berbasis proyek memerlukan bahan ajar untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran. Namun bahan ajar yang tersedia saat ini belum sepenuhnya mengarah pada pembelajaran berbasis proyek. Untuk itu penelitian dan pengembangan (Research and Development) bersifat deskriptif dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) ini, ditujukan untuk mengembangkan bahan ajar yang terintegrasi pembelajaran berbasis proyek pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk kelas XI IPA SMA sesuai standar BSNP yang dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Populasi penelitian ini adalah bahan ajar kimia yang beredar di Medan, dosen kimia Unimed yang mengajar kimia umum, guru kimia dan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling. Adapun sampel yang digunakan meliputi 1 guru kimia dan 2 dosen yang ahli dibidangnya; sampel bahan ajar penerbit Grafindo (A), Erlangga (B), dan Masmedia Buana Pustaka (C); 26 siswa kelas XI MIPA 6 (eksperimen I) yang dibelajarkan dengan menggunakan modul hasil pengembangan; dan 26 siswa kelas XI MIPA 7 (eksperimen II) yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar reguler. Data diolah secara deskriptif, diperoleh nilai rata-rata validasi modul yang dikembangkan yaitu kelayakan isi 3,58; bahasa 3,83; penyajian 3,78; dan kegrafikan 3,84; dengan rerata 3,76; artinya modul hasil pengembangan sangat valid berdasarkan kriteria standar BSNP. Rerata persentasi peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I yaitu 64% lebih tinggi dari kelas eksperimen II yaitu 54%. Uji hipotesis dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh t_hitung > t_tabel (7,14 > 1,67). Rerata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen I berturut-turut 79,97 dan 79,5 lebih tinggi dari kelas eksperimen II yaitu 75,25 dan 72,38 Simpulan; modul kimia yang terintegrasi pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan sudah baik dan sesuai standar kriteria BSNP serta layak digunakan siswa kelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 037 |
Keywords: | Hasil belajar; Kelarutan; Hasil kali kelarutan; Project based learning; Kurikulum 2013; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 09:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40379 |