Siadari, Oktavia Susanti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153331023 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM 4153331023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. NIM 4153331023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM 4153331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 4153331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
9. NIM 4153331023 BAB I.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
13. NIM 4153331023 BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM 4153331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknnya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Dalam penelitian ini data hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang digunakan atau dianalisis adalah berupa nilai gain ternormalisasi. Data yang diperoleh diuji dengan studi komparatif menggunakan uji t-pihak kanan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi larutan penyanggga. Uji statistik menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel 1,097 dan thitung 3,46 pada hasil belajar siswa dan thitung 2,577 pada keterampilan proses sains siswa. Nilai persen peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandikan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (76% > 67%) begitu juga dengan persen peningkatan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandikan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (78% > 72%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 119 |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Inkuiri terbimbing; Larutan penyangga; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 02:39 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40376 |