Harfita, Nur Laily (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153131021 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4153131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 4153131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 4153131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 4153131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM. 4153131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
13. NIM. 4153131021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM. 4153131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya peningkatan hasil belajar, ranah kognitif yang paling terkembangkan dan indikator lesson study yang pelaksanaannya paling optimal dengan melalui model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) lebih tinggi daripada model kovensional pada pokok bahasan larutan penyangga. Penelirtian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA/MA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik penentuan sampel (purposif sampling) yaitu diambil dua kelas, kelas eksperimen dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) dan kelas kontrol dengan model konvensional. Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas butir soal, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas dan distraktor. Data pretest dan posttest serta peningkatan hasil belajar kimia siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, dan hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 28,5 dan posttest sebesar 86 sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol sebesar 31,83 dan posttest sebesar 77. Adapun hasil perolehan rata-rata nilai peningkatan hasil belajar kimia siswa (gain) pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,81 (81%) dengan kategori tinggi sedangkan peningkatan hasil belajar kimia siswa (gain) pada kelas kontrol adalah sebesar 0,66 (66%) dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunkan uji t-satu pihak yaitu t pihak kanan pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05), diperoleh bahwa thitung > ttabel (3,68 > 2,00) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study dengan media LKPD pada materi larutan penyangga lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, ranah kognitif yang paling berkembang adalah C3 sebesar 91% pada kelas eksperimen dan indikator lesson study yang terlaksana secara optimal adalah indikator yang pertama yaitu kelas membentuk huruf U dan indikator ke-8 yaitu pemanfaatan media denga hasil masing-masing yang diperoleh sebesar 100 % di setiap pertemuannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 096 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Larutan penyangga; Lesson study; Lembar kerja peserta didik; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 06:10 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 06:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40370 |