Hutahuruk, Ismi Yanti (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN VIRTUAL LAB TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151131018 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2. NIM 4151131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM 4151131018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 4151131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM 4151131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. NIM 4151131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
13. NIM 4151131018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM 4151131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Inkuiri terbimbing berbasis Lesson Study dengan Virtual Lab lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran ekspositori dan ranah kognitif manakah yang paling terkembangkan melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study menggunakan virtual lab pada pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 3 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara proposif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai eksperimen yang dibelajarkan dengan model Inkuiri terbimbing berbasis Lesson Study dengan Virtual Lab dan satu kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal yang telah memenuhi syarat uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas tes. Berdasarkan hasil uji statistik, data hasil pretest, postest, dan gain ternormalisasi (N-gain) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 11,43 > 2,002, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis Lesson Study menggunakan Virtual Lab (83,05 %) lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori (53,18%). Ranah kognitif yang paling terkembangkan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbasis Lesson Study dengan Virtual Lab pada materi larutan penyangga adalah aspek kogitif penerapan (C3) sebanyak 93, 20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 065 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Lesson study; Virtual lab; Hasil belajar; Larutan penyangga; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 15:00 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 15:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40355 |