Rahmayani, Intan Ayu (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN BERKOMUNIKASI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MM MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131017 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 4151131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
3. NIM. 4151131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 4151131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 4151131017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 4151131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. NIM. 4151131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4151131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia dan kecakapan berkomunikasi siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMA Negeri 17 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS dengan media Google Classroom. Kelas eksperimen II diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe MM dengan media Google Classroom. Instrumen tes yang digunakan ada dua, yaitu instrumen tes hasil belajar kimia sebanyak 20 soal dan instrumen nontes berupa lembar observasi kecakapan berkomunikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa, untuk uji hipotesis I diperoleh nilai Sig. 0,015 <
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 105 |
Keywords: | Hasil belajar; Kecakapan berkomunikasi; Cooperative learning; Think pair share; Make a match; Google classroom; Larutan elektrolit; Nonelektrolit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 14:28 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 14:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40354 |