KONTRIBUSI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA

Showraya, Ezra Yunita (2019) KONTRIBUSI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153331009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153331009 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153331009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153331009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153331009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153331009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153331009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153331009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153331009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153331009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153331009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153331009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153331009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153331009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153331009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153331009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian adalah satu kelas yang diambil dengan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Tes objektif yang diujikan sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitasnya. Instrument non tes berupa lembar observasi dan angket metakognitif. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa dimana kontribusi keterampilan proses sains terhadap hasil belajar sebesar 79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 055
Keywords: Keterampilan proses sains; Keterampilan metakognitif; Hasil belajar; Hidrolisis garam; Larutan garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Aug 2020 16:01
Last Modified: 18 Aug 2020 16:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40348

Actions (login required)

View Item
View Item