Showraya, Ezra Yunita (2019) KONTRIBUSI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153331009 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4153331009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. NIM 4153331009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 4153331009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM 4153331009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9. NIM 4153331009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM 4153331009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4153331009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa; keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian adalah satu kelas yang diambil dengan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Tes objektif yang diujikan sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitasnya. Instrument non tes berupa lembar observasi dan angket metakognitif. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa dimana kontribusi keterampilan proses sains terhadap hasil belajar sebesar 79%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 055 |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Keterampilan metakognitif; Hasil belajar; Hidrolisis garam; Larutan garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 16:01 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 16:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40348 |