Syukri, Muhammad (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa pada materi Bryophyta di SMA Negeri se-Kabupaten Langkat. Masters thesis, UNIMED.
8176174017 1. Judul.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8176174017 2. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8176174017 3. Abtrak B. Indonesia + B. Inggris.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8176174017 4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8176174017 5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
8176174017 6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8176174017 7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8176174017 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8176174017 9. BAB I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
8176174017 13. BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8176174017 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi, berpikir kritis, dan sikap ilmiah siswa berdasarkan lokasi sekolah, jenis kelamin, dan indikator pada materi Bryophyta di kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIA di SMA Negeri Kabupaten Langkat dengan populasi sebanyak 200 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan 200 siswa kelas XI MIA SMA Negeri di Kabupaten Langkat untuk variabel Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi berdasarkan daerah sekolah bahwa semua nilai rata-rata dengan kategori tinggi baik di desa maupun di kota. Berdasarkan jenis kelamin bahwa semua nilai rata-rata juga berkategori tinggi baik perempuan maupun laki-laki, dan berdasarkan indikator bahwa semua nilai rata-rata juga berkategori tinggi dengan nilai 3,95. Pada variabel Berpikir Kritis berdasarkan daerah sekolah bahwa semua nilai rata-rata dengan kategori tinggi baik di desa maupun di kota. Berdasarkan jenis kelamin bahwa semua nilai rata-rata juga berkategori tinggi baik perempuan maupun laki-laki, dan berdasarkan indikator bahwa semua nilai rata-rata juga berkategori tinggi dengan nilai 4,11. Pada variabel Sikap Ilmiah berdasarkan daerah sekolah bahwa nilai rata-rata siswa yang berada di desa berkategori sangat tinggi sedangkan di kota hanya berkategori tinggi. Berdasarkan jenis kelamin bahwa nilai rata-rata siswa laki-laki berkategori sangat tinggi sedangkan perempuan berkategori tinggi, dan berdasarkan indikator bahwa semua nilai rata-rata berkategori tinggi dengan nilai 4,05. Dari hasil analisis regresi dapat dilihat pada output model summary tentang interpretasi koefisien korelasi (r) sebesar 0,666 yang berarti bahwa koefisien korelasi antara berpikir tingkat tinggi dan berpikir kritis terhadap sikap ilmiah siswa berada dalam kategori kuat. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan berpikir kritis mampu menjelaskan variabel dependent yaitu sikap ilmiah siswa sebesar 0,438 atau 43,8%, sedangkan 56,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.072 Syu a |
Keywords: | Berpikir Tingkat Tinggi; Berpikir Kritis; Sikap Ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 10:01 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40299 |