Marmiaty, Tuty (2020) Pengembangan Buku Guru Bahasa Indonesia Berbasis Analisis Isi yang Berimplikasi dengan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Tahun 2016 di SMP Negeri 5 Stabat. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192027 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8156192027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
3. NIM 8156192027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM 8156192027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM 8156192027 TABLES.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM 8156192027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7. NIM 8156192027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8156192027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8156192027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM 8156192027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
14. NIM 8156192027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku guru bahasa Indonesia kelas VII kurikulum 2013 tahun 2016, hasil pengembangan buku guru, dan kualitas buku guru bahasa Indonesia berbasis analisis isi yang sudah dikembangkan di SMP Negeri 5 Stabat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan merujuk pada Research and Development (R & D) model Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Buku guru bahasa Indonesia Kelas VII kurikulum 2013 tahun 2016 edisi revisi sesuai angket yang diisi guru menunjukkan penilaian kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan buku guru diperoleh rata-rata 80,64% atau pada kriteria baik, tetapi masih terdapat beberapa indikator yang belum ada serta beberapa indikator masih memiliki penilian rendah; (2) Buku guru bahasa Indonesia berbasis analisis isi Kelas VII kurikulum 2013 yang sudah dikembangkan menurut ahli dinyatakan sangat valid dengan kategori sangat baik dan layak untuk diujicobakan yaitu nilai rata-rata 92,33% yang meliputi penilaian kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan. (3) Kualitas Buku guru bahasa Indonesia berbasis analisis isi Kelas VII kurikulum 2013 yang sudah dikembangkan menurut ahli diperoleh penilaian rata-rata dari keseluruhan sub komponen aspek kelayakan buku guru adalah 92,25% pada kriteria sangat baik. Kualitas buku menurut ahli disain diperoleh dari keseluruhan sub komponen penilaian aspek kelayakan buku guru rata-rata 94,43% pada kriteria sangat baik. Respon guru pada uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 92,29% pada kriteria sangat baik, dan respon guru pada uji lapangan terbatas diperoleh rata-rata 94,51% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan data-data di atas, membuktikan bahwa buku guru bahasa Indonesia berbasis analisis isi Kelas VII kurikulum 2013 yang sudah dikembangkan menurut ahli dinyatakan sangat valid dan kualitas buku guru pada kriteria sangat baik.Hal ini menunjukkan adanya peningkatan penilaian kualitas buku guru yang dikembangkan dari buku awalnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.072 Mar p |
Keywords: | pengembangan; buku guru; analisis isi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 09:26 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40294 |