Elmujahidah, Rahimatul Islami (2020) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Means ends Analysis (MeA) Pada Siswa Kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172050 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8166172050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 8166172050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8166172050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 8166172050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 8166172050 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 8166172050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8166172050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
12. NIM. 8166172050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 8166172050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Means ends Analysis (MeA) dan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Washliyah Tembung Kabupaten Deli serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa MTs. Al-Washliyah Tembung, sedangkan sampelnya terbagi dua jenis yaitu VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing beerjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket motivasi belajar matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANAKOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Means ends Analysis (MeA) lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. Hasil rerata peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diberi model pembelajaran Means ends Analysis (MeA) dan model pembelajaran biasa masing-masing sebesar 0,46 dan 0,13, dan rerata peningkatan motivasi belajar matematis siswa masing-masing sebesar 0,52 dan 0,18. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Elm p |
Keywords: | pembelajaran means ends analysis (mea); kemampuan komunikasi matematis ;motivasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 07:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40281 |