Saragih, Marintan Debora (2013) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SD DI KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132036 Judul.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. 8106132036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106132036 Abstrak.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. 8106132036 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. 8106132036 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. 8106132036 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. 8106132036 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. 8106132036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. 8106132036 Bab I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
10. 8106132036 Bab V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
11. 8106132036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja mengajar guru; (2) hubungan kompetensi kepribadian dengan kinerja mengajar guru; (3) hubungan kompetensi profesional dengan kinerja mengajar guru; (4) hubungan kompetensi sosial dengan kinerja mengajar guru; dan (5) hubungan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial dengan kinerja mengajar guru.Subjek penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara dengan jumlah sampel sebanyak 115 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian digunakan cara random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket kompetensi pedagogik yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,797. Instrumen angket kompetensi kepribadian yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,736. Instrumen angket kompetensi profesional yang valid diperoleh 27 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,945. Instrumen angket kompetensi sosial yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,938.Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi pedagogik dengan kinerja mengajar guru sebesar ry1,234 = 0,417 > r tabel = 0,195; (2) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi kepribadian dengan kinerja mengajar guru sebesar ry2,134 = 0,358 > r tabel = 0,195; (3) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi profesional dengan kinerja mengajar guru sebesar ry3,124 = 0,357 > r tabel = 0,195; (4) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi sosial dengan kinerja mengajar guru sebesar ry4,123 = 0,379 > r tabel = 0,195; dan (5) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial dengan kinerja mengajar guru sebesar Ry(1234) = 0,696 > r tabel = 0,195.Hasil penelitian diperoleh kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 48,4% terhadap kinerja mengajar guru, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sar h |
Keywords: | Kinerja; Mengajar; Produktivitas kerja; Kompetensi pedagogik; Kompetensi kepribadian; Kompetensi profesional |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4025 |